Friday, August 29, 2008

CaMbok 2 : The Three Gilis, Tiga Sekawan Andalan Pulau Lombok


menikmati coconut juice (baca: es santan) dari bale-bale di sepanjang pantai Gili Air

beautiful moment back then... :-)

::..

Inilah andalan wisata Pulau Lombok saat ini. Tiga Gili ini berada di gugusan pulau-pulau kecil di Lombok Barat. Kata gili dalam bahasa sasak memang artinya “pulau kecil”. Yang paling populer adalah 3 serangkai ini : Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Ketiganya sangat berdekatan dan dalam satu garis lurus, sehingga menjadi satu paket untuk dikunjungi. (Kalau ada waktu, senyambi baca postingan ini, coba deh search website2 atau foto2 Lombok).

Bila menginap di daerah Senggigi, ada 2 cara yang bisa ditempuh untuk sampai ke gili-gili itu. Pertama bisa lewat Bangsal, sebuah pelabuhan kecil yang terletak kira-kira 30 menit dari Senggigi. Dari situ, perjalanan dilanjutkan dengan kapal boat selama 45 menit lagi. Kapalnya sendiri bebas memilih, bisa naik public boat (biasanya berisi 12 orang, tiket pergi saja seharga 15 ribu per orang ) atau menyewa satu kapal seharga PP 350 ribu. Tetapi bila memilih untuk naik kapal umum, harus diperhatikan ada kemungkinan kita akan kesulitan untuk mencari kapal pulangnya, karena jam kapal (dari gili ke Bangsal) hanya terbatas sampai jam 2-3 sore saja.

Cara lain, bisa langsung sewa kapal dari Pantai Senggigi-Gili Trawangan. Perlu 1,5 jam perjalanan kapal boat, dan harga sewa (approx. 400 ribu) biasanya sudah PP plus kalau cuaca memungkinkan, kita bisa balik sore hari. Memang kalau ingin puas melewatkan waktu di gili sampai sore, biasanya memang menyewa kapal menjadi pilihan terbaik. Apalagi biasanya pemilik/pengemudi kapal juga bersedia menjadi guide selama di Gili, dan yang paling penting, barang bawaan kita di kapal akan lebih terjamin keamanannya. Cara ini yang kami pilih waktu itu walaupun dengan resiko perjalanan kapal akan lama sementara Mas Iwan kurang tahan terhadap angin laut.


GILI TRAWANGAN
Pada kunjungan pertama tahun lalu, aku hanya sempat pergi ke Gili Nanggu yang terletak agak jauh ke selatan Lombok. Gili Nanggu yang sepi dan damai sudah meninggalkan kesan mendalam buatku. Nah, konon kabarnya, Gili Trawangan inilah justru yang paling terkenal. Aku jadi exciting deg2an membayangkan seperti apa Gili Trawangan itu?

Rencananya kemarin, 3 hari di Lombok, 2 hari akan kami habiskan di Gili. Makanya Mas Iwan berniat menginap saja di Trawangan, apalagi waktu lihat websitenya, ada satu tempat menginap yang bagus sekali di Trawangan. Menyediakan kamar lumbung yang indah, Villa Ombak namanya. Dasar nasib, karena high-season hotel itu sudah full-booked, bahkan kata informannya, sekarang ini banyak wisatawan yang tidur di pinggir-pinggir pantai karena kehabisan kamar. Duuhh...Ya sudah, akhirnya kami pun dapat kamar di Holiday Inn Senggigi.

Tapi setelah sampai disana, ternyata hal ini malah membuatku sedikit bersyukur. Kesan pertamaku akan Gili Trawangan ternyata agak mengecewakan. Pantas kalau Trawangan terkenal, disini ramai sekali! Jauh dari kesan sepi damai yang sebelumnya aku bayangkan.

Kesan kedua?? Itu adalah waktu ketika aku sudah bisa menikmati pemandangan bawah pantai yang indahnya bukan main. Ya, akhirnya aku berhasil juga menguasai alat-alat berat snorkling yang dulu sempat membuatku kapok itu. Thanx to Mas Iwan yang sabar ngajari sampe bela2in beliin aku alat snorkling sendiri yang dirasa bagus dan cocok, dari Surabaya! Jangan salah, aku masih saja nggak bisa berenang. Tapi dengan bantuan vest pelampung dan tangan Mas Iwan yang menggeret tanganku sambil berenang sepanjang pantai, akhirnya bisa kunikmati juga pemandangan nan indah ini... Subhanalloh!

Keramaian pengunjung di pantai sama sekali tak terdengar lagi ketika yang terpapar didepan mata adalah terumbu karang dan ikan warna-warni yang bersliweran disekitar kami. Kami nyaris mentas ketika ternyata kami sangat beruntung, bertemu dengan jenis ikan yang selalu berombongan itu! Aduh aku sampai jerit-jerit ketika lewat ditengah-tengah rombongan ratusan ikan yang lumayan besar-besar berwarna perak itu. Aku takut mereka menabrak makhluk besar ber-vest ini dan kemudian terluka. Hahaha sungguh pikiran yang konyol. Tidak seperti aku, mereka kan bisa berenang dan menghindar?? Dan kalopun tertabrak, nggak akan terluka karena ini didalam air kan?? Paling akunya yang akan jerit-jerit kegelian nggak karuan ditabrak ikan-ikan itu! Hihihi.

Btw, teman-teman sudah baca belum pengalaman snorkling-ku yang pertama?? Ini kukopi lagi linknya :
http://cikicikicik.multiply.com/photos/album/51/

dan kalau ingat cerita itu, sungguh, aku merasa sangat beruntung akhirnya bisa merasakan serunya snorkling. Inilah yang kusebut sebuah keajaiban! Hahaha.



GILI MENO
Kira-kira 3 jam kita di Gili Trawangan, sekarang kita menuju Gili Meno. Kapal boat hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk sampai kesana. Dalam perjalanan ini, konon kabarnya yang bagus bukan pinggir pantainya, tapi agak ke tengah. Disanalah tempat banyak penyu tinggal. Memang, di antara dua pulau itu, kulihat banyak perahu berhenti, sementara penumpangnya nyebur ke laut yang cukup dalam itu untuk snorkling.

Yang bisa berenang (apalagi kalo bisa sedikit menyelam tanpa alat seperti Mas Iwan) tentu sangat menyenangkan. Tapi bagi aku, tentu sangat mengkhawatirkan. Pak pemilik boat datang dengan ide yang pasti buat dia sangat masuk akal untuk dilakukan. Tapi tidak untukku! Dengan sedikit ragu plus nekad, aku mencoba turun dari boat (percayalah, dengan susah payah!!), merembet ke kayu pemberat di kiri kapal dan berpegangan disana. Full equipment tentu saja! Lalu kapal akan berjalan pelan sehingga aku bisa “jalan” dan Mas Iwan melakukan hal yang sama dibelakangku (karena menjaga aku tentu). Ya Allah, memang dibawah sana, didalam lautan indahhh sekali. Apalagi ini pengalaman pertama bagiku, yang biasanya hanya kulihat di layar tivi, kini nyata terpapar didepan mataku. Pantas Mas Iwan bener2 jatuh cinta dengan snorkling!

Sekali lagi, dibawah laut memang luar biasa indah, tetapi diatas air luar biasa mengkhawatirkan, tanganku sudah mulai pegel karena menahan tubuh dan memeluk kayu besar yang basah dan licin itu! Aduhhhhh rasanya mau lepas aja itu pegangan! Tolooongg!! Maakk aku ditengah lautan dan tak bisa berenang maakkk!! Akhirnya kuputuskan untuk kembali naik ke kapal (lebih tepatnya, dinaikkan ke kapal oleh Mas Iwan hihi). Dan setelah semua naik ke kapal, barulah ketahuan betapa paniknya Mas Iwan. Dia mengaku ketakutan sekali melihatku, dan waktu menaikkan aku ke kapal, sempat minum air laut banyakkkk sekali. Duhhh maap ya semua, Pak pemilik kapal juga...(soalnya dia jadi merasa bersalah memberi ide kepada orang dudul ini hikss).

Acara di Gili Meno adalah makan siang! Waktu kami disini, udara sedang terik2nya dan panas2nya! Untunglah jus kelapa segera menyelamatkan dari dehidrasi. Jus kelapa?? Awalnya aku iseng aja pingin mencoba ini, ternyata rasanya seperti santan manis. Aneh juga pada awalnya, tapi lama2 oke juga hehe **buat aku apa sih yang nggak enak??** dan kulihat kanan kiri bule2 juga rata2 pesennya “coconut juice” ini. Walah mungkin mereka aji mumpung, mumpung berada di pulau tropis penghasil kelapa, jadi ya pesennya minum jus kelapa aja! Hehe..

Pantai di Gili Meno penuh dengan karang. Jangan coba-coba berjalan tanpa alas kaki tanpa mendapat luka-luka kecil di telapak kaki. Pulaunya juga jauh lebih kecil dan sepi dari Trawangan. Tapi ada tempat makan enak dan terkenal disini. Memang dalam tur 3 gili ini, rupanya Gili Meno memang di set sebagai tempat istirahat dan makan siang setelah puas menikmati gili trawangan. Habis makan siang pengunjung bisa melanjutkan snorkling lagi ke Gili Air. Atau kalau mau lebih lama, bisa juga berkeliling pulau naik Cidomo (kereta kuda khas Lombok). Bagaimanapun aku meminta untuk naik Cidomo, Mas Iwan menolak karena bagi dia ide naik sesuatu -apalagi kereta- yang ditarik binatang hanya masuk akal kalau bersama anak-anak (hahahah). Dia lebih memilih untuk foto-foto saja.


GILI AIR
Begitu turun dari kapal boat dan merasakan pasir pantai yang putih dan sangat lembuutt, aku memutuskan dari ketiga pulau yang kami kunjungi hari itu, Gili Air inilah favoritku! Suasananya tenang dan hei, banyak kulihat anak-anak disini. Sepertinya yang ini memang jadi jujugan families yang datang beramai-ramai dengan anak-anak. Pantas saja, selain pantainya cukup landai dan berombak tenang, pasirnya itu lhoo aduuhhh lembut sekali!

Disini nyebur lagi doongg! Mas Iwan juga mendapat kesempatan snorkling berdua dengan Pak Ramli (aku baru ingat, ini nama pak pemilik kapal boat hehe). Pak Ramli memang bener-bener anak pantai, dia bisa menyelam cukup lama dan dalam hanya dengan berbekal peralatan snorkling. Duh, mengingatkan aku pada cerita Deni si manusia ikan deh! Disini, Mas iwan cerita sempat ketemu dengan seekor penyu yang besar sekali! Ohh irinya. Katanya, Pak Ramli malah menyelam kedalam air dan berkejar-kejaran dengan si penyu. Aduhhh...padahal katanya jarang-jarang lho orang yang snorkling bisa ketemu penyu, apalagi yang sebesar itu. Pak Ramli bilang, itu pertanda keberuntungan. Hehe semoga saja deh.

Cukup ya cerita tentang 3 gili, sudah panjang nih. Foto-foto dibawah kebanyakan diambil di Gili Meno. Waktu aku nyebur snorkling nggak sempat kefoto karena kalo aku nyebur, itu berarti Mas Iwan ya nyebur juga! **alesyaannnn** :-D


Bersambung...

208 comments:

  1. aku belom pernah ke giliiiii
    cuman sampe senggigi doang..
    secara di lombok hanya 15 jam doang! hiks! :(

    ReplyDelete
  2. aaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhh **ikut nyesel**

    ayo kapan2 ada kesempatan balik kesana lagi El, sempatin......
    disini ciptaan Allah bener2 indah!!

    ReplyDelete
  3. Buangeeeedd!! Elly lihat foto2 waktu Mbak Ari presiden MP ke sana. Wuiiiiiiiiiiihh! Bikin iriiiiii!
    Eh.. sekarang mbak posting foto2 serupa pula! Nggak mao ngelihaaaaaaaaaaaaat!! :(

    ReplyDelete
  4. lho??? hahahahahh

    ya udah lihat cicak di dinding aja, sekalian mengingatkan salah satu sebutan Lombok adalah Pulau Cicak! **biar inget lagi kikikikiikik**

    ReplyDelete
  5. lek jareku kok koyok gak kuat nyunggi watu se mbak, nganti diewangi nyangga karo banyune.. hehehe

    ReplyDelete
  6. maksude mabok bawaan dari lahir? :D

    ReplyDelete
  7. =)) topeng matahari
    nganggo cadar ae mbak..

    ReplyDelete
  8. mas iwan gak keroso lek bojone sik tergolong arek cilik yo mbak? :D

    ReplyDelete
  9. wah, saru iki...
    lha pancen pusat gambare dudu pasir mbak...

    ReplyDelete
  10. takkiro wong india... posene india banget...

    ReplyDelete
  11. hahahahahahaha
    imajinasimu boleh juga....

    atau,
    kejatuhan batu gunung, sampe isi kepalanya tumpah-tumpah **halah kok malah mengerikan ngene hihi**

    ReplyDelete
  12. ho'ooohh huhuuuuu :-(((

    kacamata itu enak banget dipakainya, sama sekali nggak mengganggu kerudung, dan passs gitu di mataku...oalah...semoga di tempat lain dia bisa disayang dan memberi manfaat pada pemakain barunya hiksss

    ReplyDelete
  13. wah nang tengah2 bule2 bikinian ngene, kalo pake cadar malah menarik perhatian aku hihhhii

    ReplyDelete
  14. aku kie tiap di foto Rind, gak tau gak salah gaya hahahah
    **nasibku memang bukan jadi model hueheue**

    ReplyDelete
  15. kowe kok malah ngenyek aku pisan kie hihihiihii :-b

    ReplyDelete
  16. lha maksudku, sing dadi pusat gambare pasir!

    **potografer gak bakat blas hahaah**

    ReplyDelete
  17. nang njero laut tho Rindaaaa
    ayok tak duduhi

    **nggandeng Rinda ajak masuk pantai untuk snorkling, sama sekali lupa kalo gak bisa berenang**

    ReplyDelete
  18. ho'oh!!

    pertama2 aku yo ngiro ngono!!
    bareng kenalan, lha kok teko Italy...tapi jan wonge lucu tenan,

    waktu kenalan karo mas iwan, dia komentar gini "aahhhh you really like to eat too, don't you???" sambil pegang2 perutnya, trus elus2 perutnya mas iwan hahahaha

    ReplyDelete
  19. heuheuheuhe

    tau nggak? di salah satu spa di deket sekolah Bea, aku baru tahu ada yang namanya "coin massage"
    dan waktu aku tanya mbaknya, apa itu?? jawabnya ternyata adalah : kerokan!!

    hihihi

    ReplyDelete
  20. bawa dong! bekas kresek snack :-D

    yang mabok laut itu mas iwan mbak......
    kalo aku, memang udah mabok sejak lahir kok hihihhii

    ReplyDelete
  21. aku pulang dr lombok isine gosong tokkkk.....mbak iya gak?

    ReplyDelete
  22. nggak Ri, soalnya pas hari sekolah **hikss**
    begitu sampai dimana-mana, komentarku tetep aja begini : "duuhh...anak-anak kalo diajak disini pasti sukaa"

    ReplyDelete
  23. sammaaa hehe kalo jilbab dibuka, langsung terbukalah semua belang itu huehuehe

    ReplyDelete
  24. apa mungkin ini bapaknya yaa???
    **heuheuhue**

    ReplyDelete
  25. Swit swiitt......hihihi....mesra ...
    kerokan pake balsem Geliga ..panasnya mantep euy...tiap pulang ke Indo musti beli banyak..buat bekel mijet....

    ReplyDelete
  26. Adudududuuuuu......hepi sekali awakmu Hid.....tambah ayu nek lagi hepi ..glowing2 gitu...aih aih....

    ReplyDelete
  27. *cekikikan liat foto ini inget postinganmu dulu yg snorkling pertama kali*.....hihihihihihi....dengan penuh rasa hormat...aku gak bisa nahan ketawa....

    ReplyDelete
  28. yang kemarin (part 1) gaya dhenok w, yang ini gaya tety kadi

    ReplyDelete
  29. indah banget nih, ngebayangin sun bathing in my 2 pieces with mas J.T by my side :P *wild dream of jessica biel*

    ReplyDelete
  30. cocok jd bintang iklan Antimo buk, pas banget momentnya lg mabok laut...hehehhehehe

    ReplyDelete
  31. yaaaa baru mo blg, pinjem donk kacamatanya...eee ternyata wis ilang tho....ndak papa buk, minta mas iwan beliin lg..*kompor mleduk*

    ReplyDelete
  32. enak gak mbak es santen gitu, gak ada isinya ya??...

    ReplyDelete
  33. hahaahhaha awas ntr jd betah gelantungan terus...hihihiihihih

    ReplyDelete
  34. mungkin itu mas iwan pengen naek motor kale...bbbrrmmm bbbbrrrmmm...hehehhehe

    ReplyDelete
  35. pasti ibuk keseringan nonton film KuraKura Ninja kali tuh...hahaha lllaarriiiiiiiiiiiiiii

    ReplyDelete
  36. ah enggak kok, gak belang...tetep ayuuuuuu

    ReplyDelete
  37. kereeennnn bgt ya mbak....airnya biru skaleeeee.....duh kapan yo aku iso mrono...*teruslah bermimpi nak*...btw ada tmn disini lg proses beli tanah diLombok lho mbak, tp aku lali daerahnya dimananya, pokoke antara Senggigi, Gili sama apa gitu...embuh lali...*jek enom kok wis pikun*

    ReplyDelete
  38. hahaahhaah salut karo kowe Less...biar sudah di antah berantah, selera tetap Indonesiaaaaaa **jadi ingat iklan geliga di tipi itu hihihi**

    ReplyDelete
  39. pokoke gak glowing in the dark kaya pedang2an yang dijual Abe kemarin aja kikikiikikik

    ReplyDelete
  40. dengan penuh rasa hormat, aku yo wis berhasil snorkling lhoooo **ngece meleggang** hhihihi

    ReplyDelete
  41. huwaaaaaaaaaaaaaaaa kabeh kok sing tuwek tuwek???????
    gpp wis, kuanggap bunda nggak mengenal angkatan luna maya....jadi aku maklum :-D

    ReplyDelete
  42. duduuuuulll itu yang keluar adalah LIDAH bundaaaaaaaa bukan yang laeeeennnnnn

    ReplyDelete
  43. haluuuusssssssss dan lembuuuuuttttt :-D

    ReplyDelete
  44. **tepuk2 badan Dwina pake monitor**

    bangun Na...bangunn...waktunya ke pasar....beli kebutuhan puasa...banguunnn :-D

    ReplyDelete
  45. nggak mbak, nanti malah tidooooorrrrrrrrr heuheuhuee alhamdulillah aku tahan angin laut, tapi mas iwan rada dudul :-)

    ReplyDelete
  46. juga boleh lah...boleh dimaki! hahaahah

    ReplyDelete
  47. wakakakakakk
    sekalinya pantes jadi model kok ya model wong maboookk??? huehuehe nasib

    ReplyDelete
  48. **wajah hitam kena jelanga dari kompor yang mbleduk**

    ReplyDelete
  49. pertama ya aneh mbak, santan manis berbusa gitu (berbusa karena mungkin di blender kelapanya).....setengahn tengik piye ngono..heuheeu

    eh tapi lama2 boleh juga kok rasanya....**dasar gembul**

    ReplyDelete
  50. iya kali yo mbak, makanya dia gak mau diajak naik cidomo kuda **keluh**

    ReplyDelete
  51. suwunn, ini lebih ke greyscale kali ya mbak....nggak ada B nya :-)

    ReplyDelete
  52. **lari kejar mbak luki dengan gaya Donatello si kura2ninja**

    ReplyDelete
  53. hahaahah belum dilepas aja tuh kerudung mbak, begitu dilepas, kelihatanlah manusia bertopeng!! :-D

    ReplyDelete
  54. aslinya luwih keren mbak, di lombok rata2 pantainya tenang, nggak banyak ombak jadinya kalo buat anak2 (dan orang2 yang nggak bisa berenang kaya..ehn...aku), atau untuk getaway dari kesibukan kota, cocok bangeeeeettttt

    wah asyik dong, rencananya itu tanah temen mau dibikin apa mbak??

    ReplyDelete
  55. kata orang, wajahku memang sendu mas **malu2**

    hueeeeekkkkkk :-D

    ReplyDelete
  56. Sendu = seneng ndusel? xixixixixixxi

    *kabooorrr*

    ReplyDelete
  57. ya itu juga!

    **kadung dilokno yo wislah** hueheueh

    ReplyDelete
  58. nyontek aja dulu ah, jalan-jalannya
    kapan ke Lombok perlu, kujadikan referesi soal 3 gili ini
    asik yo Wahida, 3rd hanimun, 4th hanimuuuun :)

    ReplyDelete
  59. udah bergaya cem macem, mabok juga ta' iyye :)

    ReplyDelete
  60. gelantungan apa jadi lifter kayu?

    setuju dengan Lessy, aku seneng lihat ekspresi happy-mu ini.

    ReplyDelete
  61. wow, beautiful creature!
    I like this picture.

    ReplyDelete
  62. tapi keukeuh pake sweater!
    buka 'napa?

    *geleng-geleng*

    ReplyDelete
  63. duh jangan deh.
    aku sih kasian sama kudanya.... ;)

    ReplyDelete
  64. wah hanimun kok diitungi kakak??? :-D
    dudul :-b

    ini bukan hanimun ooiiii
    tapi haniweek wekekekekek

    ReplyDelete
  65. nggak kakak, huehuehehu ini cuma pose mabok hehe

    **dari kecil dah biasa main di kebun, jadi alhamdulillah nggak gampang mabok :-D

    ReplyDelete
  66. hueuheuheuhue **tak bisa komentar apa-apa**

    ReplyDelete
  67. it's more beautiful when you see it for real, dan motif batik di punggungnya itu indah2 banget Rik :-)

    ReplyDelete
  68. hahaahahah
    takut masuk angin dia

    **udah geleng2 dari sebelum berangkat waktu tau dia packing menyertakan sweater**

    ReplyDelete
  69. Ariiiiiikkkkkk!!!!!!!!!

    **lempar arik pake cidomo, lalu mohon maaf lahir batin lagi**

    ReplyDelete
  70. berat rik......beraattt......

    **balas dendam, lalu mohon maaf lahir batin lagi wekekekek**

    ReplyDelete
  71. nggihhh...monggo...sugeng waras ugo Pak Ariiikk...

    :-D

    ReplyDelete
  72. katanya sih mau dibangun rumah aja sih mbak, rumah untuk mereka kalo pensiun nanti...hehehe jarene pengen pensiun dini.....*huuuaaaaaaaaa maaaooooooooooo*

    ReplyDelete
  73. apik mbak foto sampeyan... kalo diambil secara horisontal pasti lebih keren...

    ReplyDelete
  74. huwaaaaaaaaaaa mau jugaaaaaaaaaaaaa
    sstt nanti kita sering2 bertamu ma dia aja hihihi **nggak tau diri nih**

    ReplyDelete
  75. suwun... itu yang moto mas iwan mas :-D

    ReplyDelete
  76. jangan2 muneg-nya karena mikirin kamu yg gak bisa renang....ahahahhahaha.....

    ReplyDelete
  77. Mumpung bergaya masih gratis...bergayalah...:)))p

    ReplyDelete
  78. lha nek isi otak'e tumpah...sing garap website-e al hikmah, sopooo...??? :))p

    ReplyDelete
  79. cieeeeehhhh.....foto model'e mas Iwan...gak kukuuuu....

    ReplyDelete
  80. lhoo lak temen toh, wis dijak mlaku2 enak ngene yo sek susah....:))))p

    ReplyDelete
  81. beli lagiiiii....*tinggal towel mas Iwan*.....

    ReplyDelete
  82. ah leyehan di bale situ lbh enak ya gak kepanasan...

    ReplyDelete
  83. yg penting kan hatimu sejuk.....cieeehh....

    ReplyDelete
  84. lho ibuk kok gelantungan?? *jare Abea*

    ReplyDelete
  85. hahahahah....iya nih mas Iwan, serasa di lombok lagi winter...:))

    ReplyDelete
  86. menelusuri masa depan *bantu kasih caption*

    ReplyDelete
  87. hihihihihi....untung mas Iwan ga sekalian pake jaket kulit....:)))

    ReplyDelete
  88. gaya andalan ya Da..., menga-mengo....ati2 tengengngen...

    ReplyDelete
  89. harusnya kamu naik sendiri aja....gpp...biar tambah lucu, ibuk2 dewean numpang dokar, cengengngesan pisan....

    ReplyDelete
  90. oh iki boss Mafia, Da....kapan2 dijak kopdar ae...:))))p

    ReplyDelete
  91. jangan-jangan...... :-D
    jian ngrepoti thok pokoke huehuehuhe

    ReplyDelete
  92. lho lho mbak ojo dijungkrokno tha bojoku.....????

    **njungkrokne Mbak Mita pisan, ben njegur bareng heuheh**

    ReplyDelete
  93. buat yang lihat ya.....mohon sabar mumpung sabar itu gratis :-)))

    ReplyDelete
  94. bah lho wong ilat2ku dewe

    **melet lagi**

    ReplyDelete
  95. sampeyan ae !!

    kontributor e mbak shiel sama m agustin wekekekkk **mbayangne pasti blog e bernuansa tua jaman dulu**

    ReplyDelete
  96. Mbak Mita......untuk yang kesekian kali : iki ngono gawan bayekkkkkkk mbaaaaaaakkkkkkkkkkkkkk huahuahuauhaha

    ReplyDelete
  97. ho'oh tapi lek sampeyan leyeh2 nang kono, pasti gak ono sing gelem moto mengko tempatnya....... hihihhi

    ReplyDelete
  98. enak maneh lek nang njero ngomah ono AC mbak, gak panas blas!! hihihi

    ReplyDelete
  99. cieeeeeehhhhhhhh

    iku mau Mbak Mita tah sing ngomong?????

    ReplyDelete
  100. udah biasa mereka melihat emak e koyo ngene..tante Mita aja yang belum terbiasa **hihihih**

    ReplyDelete
  101. heuheuheue

    **untung ini bulan puasa, tadi hampir aja tak sambit pake kapal boat**

    ReplyDelete
  102. wah kalo sampe dia pake jaket kulit, sing ndelok bakalan melu2 panas **padahal ndelok thok**

    ReplyDelete
  103. lha iku juga aku menga-mengo mbok pikir gara2 kenapa???
    TENGENGEN!!!

    ReplyDelete
  104. mesti.....mesti........ seneng lek ndelok koncone memalukan ngono!! :-b

    ReplyDelete
  105. sampeyan ki piye, cuci mata kok di pantai, airnya kan asin??? pedes ning mripat lakan mbakkkk mbakkk!!

    ReplyDelete
  106. huwahuahauhuahahahu setujuuuuuuuuuuuu!!!!!!!

    pake hitam2 lagi, tapi aku sekarang sedang gak punya cengdem hiksss **pinjam mbak maya ae nanti**

    ReplyDelete
  107. sesok yo aku komen...
    tadi ke dokter gigi jam 7, geraham bungsu dicabut paksa, disuntik dan ternyata pencabutan geraham bungsu itu gak seperti ghigi-2 yang lain yaa... banyak aturannya, 1 lembar sendiri, dikasih dokternya..
    udah 3 jam (sekarang jam 10) , darah tetep keluar, disumpel kapas dari dokternya dan diganti tiap 2 jam, trus maunya ngeludah terus yang pastinya darah dari lubang gigi itu...

    guombaal, jadi gak bisa ngapa-2in deh.
    Tauk ni besok puasa apa gak...
    Tak pikir cabut gigi biasa, taunya....


    C U mbesok...
    *pipi bengkak, gak bisa makan, minum cuma boleh pake sedotan, tertatih-2 masuk selimut*

    ReplyDelete
  108. *mencari Wahid yg hilang*.....romantis, kan??

    ReplyDelete
  109. itu tanda-2 ketuaan kayak mbak AG pas kena hawa di jimbaran Bali kemaren....

    ReplyDelete
  110. pasti nanya juga dimana tinggalnya, jauh dari tempat nambatin kapal gak...

    ReplyDelete
  111. *ndorong JB sekalian, biar bertiga langsung diving di bawah sana*

    ReplyDelete
  112. spidermaaannn.....

    zzzztt.. zztttt.... *ngeluarin jaring dari tangan dan mulai melayang*

    ReplyDelete
  113. jangan lebar-2... mambu... *tutup idung*

    ReplyDelete
  114. Beneer..

    Jacq kan selalu melet kalau difoto...

    bukan ngomongin ambe kok , JB... tapi emang lidah tak bertulang..

    ReplyDelete
  115. udah doonnggg.. sttoopp.. jangan kamu teruuuussssss... aku udah mulai stress niihh, buka tiap fotonyaa...

    ReplyDelete
  116. mas Iwan, JB minta dibeliin penutup itu thuuu...
    eehh, bukan BH, tapi kacamataaaaa..

    ReplyDelete
  117. *ambil kacamata, bawa es kelapa muda ama spring roll, gelar handuk pantai, pake topi lebar... menuju balebale....*

    ReplyDelete
  118. wiisss, mirip tenaaannn.....

    do the monkeyyyyy... *nyanyi lagu Rere*

    ReplyDelete
  119. *garuk-2 kepala*

    lha nanti kalau ke tempat winter, pake baju diving ama sepatu katak?

    ReplyDelete
  120. kereeeeennn... (pemandangannya dan fotonya, bukan manusianya)

    ReplyDelete
  121. 'Menanti Wahid yang pup dibalik ilalang'

    itu lebih romantis, setia bangeeett kesannya, pup aja ditungguin...

    ReplyDelete
  122. sebenernya bukan masalah umur, tapi masalah berat badan..
    mas Iwan gak tega aja ngomongnya ke kamu..

    ReplyDelete
  123. hahahahaa, mafia gendut.. baru tau... *minjemin kacamata ke JB, mau yang model kacamata pantat botol apa kacamata kucing yang ujung-2nya naiiikk tinggi keatas?*

    ReplyDelete
  124. Paklik Tony?
    Nama mafia Italy juga niihh...

    ReplyDelete
  125. oalah rekkk........**wajah ikut prihatin**

    eh, difoto gak??? **wajah usil meminta upload**

    ReplyDelete
  126. gaya.....baru juga tinggal diluar negeri kamu Mbak......

    **aku aja yang tinggal di luar angkasa masih setia sama Rinnai kok** :-b

    ReplyDelete
  127. masih kurang....... harusnya:

    "mencari wahid yang nyungsep" :-D

    ReplyDelete
  128. hauhauhauuahuahua awas onok wong e lho

    **saiki tambah jarang jemput sekolah Daffa dia, apakah ada hubungannya??**

    ReplyDelete
  129. hihihihi masiyo dikasih tau di desa ini, kecamatan itu, manalah kita tahu tempatnya??? memang SKSD suamiku itu **sigh**

    ReplyDelete
  130. **aku ra iso renang mbak.....**

    HEEELLLEEEEEEEEEPPPPPPPPP!!!!!!!

    **kelihatan dua tangan muncul menggapai2 dari dalam laut**

    ReplyDelete
  131. doohhhhh gak pantes blassssssss dadi spiderman **nggak tahu mana yang lebih norak, yang gaya atau yang ngatain spiderman**

    oalah mak ne.....

    ReplyDelete
  132. memang mambu kok.......

    mambu wangi seribu bunga....heeemmmmm **merem2 menikmati bau sendiri** :-D

    ReplyDelete
  133. Mbak Jeki sing melok2 aku!!

    **kalo gak percaya coba dilihat siapa yang lebhi duluan lahir!!**

    ReplyDelete
  134. hauhauhuahuahuahuahuuauh

    **baru kali ini merasakan ternyata melihat seseorang stress itu menyenangkan hihihi**

    ReplyDelete
  135. ya ini kan pemeran utamaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!
    mau gimana laghiiiiiiiiii???????????????????

    **maksa mbak maya terus melihat**

    ReplyDelete
  136. **tertawa liat mbak maya tersandung-sandung kesakitan kicat-kicat karena kena karang yang banyak di situ**

    sudah dibilangin kalo disitu penuh karang....kok ya nekad nggak pake sendal ki piye thoooo????????

    ReplyDelete
  137. yah..paling nggak Rere bakalan suka sama foto ini wekk!!

    **cukup puas**

    ReplyDelete
  138. tepat sekali

    **bantuin mbak maya garuk2 kepalanya**

    ReplyDelete
  139. hari kebalikaaaaaaannnnnnnn!!!!!!!!

    **duuhh terharu dibilang keren**
    **kedip4**

    ReplyDelete
  140. iya memang, kudanya emang kurus sihhh.....**salah kudanya**

    ReplyDelete
  141. heuheuheuhe harusnya kemarin Pak Tony diajak kopdar sekalian ya?? :-D

    ReplyDelete
  142. enggaaaaaaakkk...

    hahaahahaaa... *puas karena Wahid gak jadi tertawa diatas penderitaan orang lain*

    ReplyDelete
  143. mungkin kalau jemput Daffa pake syal, topi kupluk salju, jaket tebeell....

    ReplyDelete
  144. *tersenyum bahagia liat 2 tangan menggapai sedang Mita dan Mas Iwan asik diving cari kecebong*

    ReplyDelete
  145. norak-an yang gaya dong ahhh..

    *benerin kerah, berasa keren, trus naik kapal pesiar*

    ReplyDelete
  146. duh biyuunnggg, tobat akuuuuuu.....

    abis ini, postingan apalagiiiiiii kalau mukamu terus yang muncuull???

    ReplyDelete
  147. abis sendale kiri semuaaaaaaa.....

    maluuu akuuuuu...

    ReplyDelete
  148. bbrroottthhh....


    eh, suara apa ituu??

    ReplyDelete
  149. karepe nyopo......"Hey Man......apik man.....panas nduk...."...............hahahahahahah

    ReplyDelete
  150. iso christin panjaitan...........iis sugianto......terserah pilih sing endi...????

    ReplyDelete
  151. yaaaahhhhhh.......**kuwaci** hanya bisa membayangkan donngg??

    tapi tau nggak, kadang2 orang membayangkan itu biasanya lebih parah dari yang sebenarnya **akhirnya jadi ketawa juga membayangkan Mbak Maya jadi mirip the pooh karena bengkak**

    ReplyDelete