Wednesday, August 27, 2008

CaMbok 1 : Lombok Yang Siap Menggeliat


di Lombok, jus nanas bertebaran di mana mana dan kabarnya sangat digemari wisatawan

CaMbok = Catatan Lombok :-D
Kami berangkat ke Lombok pas di tanggal cantik lho, 20-08-2008.

Menghirup kembali keindahan Pulau Lombok, membuatku sekali lagi tak habis pikir. Selama ini banyak sekali orang Indonesia yang lebih memilih untuk menghabiskan waktu liburan mereka untuk melancong ke luar negeri. Padahal kalau memang tujuannya menikmati alam, Nusantara kita begini indahnya, tak terkira bahkan berjuta wisatawan dari luar negeri pun berbondong untuk menikmati indahnya alam Nusantara Indonesia kita tercinta. Dan ini masih sebatas Lombok, belum tempat-tempat seantero dari Sabang sampai Merauke.

Khusus Mas Iwan ini sudah kunjungan yang kesekian (kebanyakan dia pergi berdua Mas Rendra “penjaga gawang” kantornya yang juga sahabatnya sejak SMA). Karena memang ada rencana untuk membuka usaha disini, maka yang menarik perhatiannya tentu saja bukan hanya indahnya alam Lombok. Dia juga harus mengenal lebih dalam masyarakat Lombok. Karena itu kesempatan sekecil apapun tak dia sia-siakan untuk mendapat info bagaimana denyut nadi kehidupan di Pulau Cicak ini. Menunggu di bandara, didalam taksi, di hotel, di pantai, di tempat makan semua dimanfaatkan untuk mengobrol dengan penduduk Lombok, dari petugas bandara, sopir taksi, satpam hotel, penjual souvenir asongan, tukang bakar di restoran seafood, guide yang baru kenal, pokoknya tak dibiarkan satu kesmepatanpun terlewatkan. Aku tentu merasa senang, karena dari mereka, tak jarang muncul cerita-cerita yang unik dan sangat menarik tentang Lombok.

Pulau Lombok sekarang-sekarang ini memang tampaknya sedang bersiap untuk menggeliat dan merentangkan lebar-lebar segenap keindahannya...


BANDARA UDARA INTERNASIONAL

“Kenapa Lombok tidak bisa seramai Bali? Padahal soal keindahan alam, sama sekali tidak kalah?”

Pertanyaan ini cukup sering dilontarkan Mas Iwan ke banyak orang. Jawabannya beragam, antara lain karena isu kurang aman yang dihembuskan beberapa kalangan. Kabarnya di Lombok rawan pencurian (lucunya, orang Lombok mencurigai orang-orang Bali yang menyebarkan isu ini karena takut tersaingi, aku sih ya nggak tahu pastinya gimana) atau karena masalah infrastruktur yang belum cukup memadai (contohnya, listrik disana sering banget padam lho, yang ini aku alami sendiri bahkan di hotel berbintang 5 sekalipun, hampir tiap hari mati lampu walaupun cuma sebentar), tetapi kebanyakan mengerucut kepada satu hal ini. Lombok tidak bisa seramai Bali karena Lombok sekarang ini hanya memiliki satu bandara yang itupun hanya melayani rute domestik yaitu Bandara Selaparang di Mataram. Ini membuat kebanyakan wisatawan mancanegara lebih memilih Bali.

Tapi hal ini tak akan lama. Sekarang ini sudah dibangung sebuah Bandara Internasional yang kabarnya akan menjadi terbesar ke-2 di Indonesia setelah Soekarno-Hatta di Jakarta. Usut punya usut, dari Bang Imping (guide sebuah tour service yang tidak sengaja kita kenal disana, orangnya sangat informatif sekali!) kami mendapat informasi bahwa bandara ini merupakan salah satu deal kerjasama pemerintah Lombok dengan seorang investor dari Uni Emirat Arab. Inverstor itu, adalah orang yang sama yang membangun Burj’ Al Arab Dubai, yang sekarang menjadi satu-satunya hotel bintang 7 didunia. Dan kenapa dia mau membantu pemerintah dalam membangun bandara ini?? Ternyata, tak lain karena dia berniat untuk membangun sebuah Hotel Bintang 7 di Lombok! Bahkan peletakan batu pertama hotelnya sudah dijadwalkan pertengahan 2009 nanti, ketika bandara internasionalnya resmi dibuka. Wow! Kemarin kami sempat lewat daerah tempat bandara akan dibangun, seluas 12.000 hektar di daerah Tanak Awu, Kabupaten Lombok Selatan, aktivitas pembangunan memang kami lihat sudah dimulai. Ini tentu hal yang sangat bagus untuk Lombok!



TAK SEBATAS SENGGIGI

Selama ini, kalau orang pergi ke Lombok, yang paling terkenal menjadi jujugan tentu saja daerah Senggigi. Daerah yang berada di Lombok Barat ini memang dekat dengan Mataram (hanya sekitar 30 menit perjalanan darat). Pantainya bagus. Dan yang lebih penting lagi, fasilitas dan infrastruktur sudah banyak, terutama hotel dan restoran. Berbagai macam bentuk penginapan sudah banyak berjajar di sepanjang Pantai Senggigi. Dari hotel yang menawarkan kamar beraneka suasana sampai villa dan cottage yang bernuansa tradisional Lombok (duh, cuci mata banget deh melihat bangunan-bangunan beratap sirap itu).

Di Senggigi, tempat yang tidak dibangun hotel, pastilah dibangun restoran dan tempat hiburan. Dari restoran seafood seaside (pinggir pantai) sampai bar-bar banyak bertebaran di Senggigi. Jangan heran kalau pada malam hari, terutama di seputar Jl. Raya Senggigi, banyak bule berseliweran di jalanan yang dipenuhi lampu hiasan maupun sign. Sepertinya di daerah ini, wisatawan asing (terutama dari Eropa dan Amerika) bisa mendapatkan pola wisata yang mereka inginkan. Pagi-siang-sore bermain, berenang, snorkling, dan berjemur di pantai (mencoklatkan kulit mati2an sementara yang orang Indonesia pada memutihkan kulit mati2an), sedangkan malam hari biasanya terpecah. Yang datang dengan keluarga (membawa anak-anak) umumnya mereka lebih memilih restoran atau di hotel saja (pihak hotel biasanya mengadakan event2 atau sekedar banquet dan buffet setiap malamnya). Yang datang tanpa anak-anak, biasanya lebih memilih cafe atau bar yang menyediakan live music dan minuman (beralkohol tentunya) dan buka sampai dini hari. Senggigi juga menyediakan banyak supermarket, toko dan warung (buat ibu2 tentu ini handy banget, misalnya sekedar beli air minum), ATM, warnet dan sebagainya. Intinya, semuanya ada di Senggigi.

Mungkin bagi yang pernah pergi ke Bali, Senggigi ini semacam Kuta-nya Lombok. Hingar bingar.

Bagi Mas Iwan (dan aku juga tentunya), justru bukan suasana ini yang kami cari. Mas Iwan memang jatuh cinta dengan kegiatan snorkling, apalagi di Lombok yang kabarnya terumbu karang dan kehidupan bawah pantainya paling indah di Indonesia. Tapi kami lebih terpesona lagi dengan Lombok justru ketika kami berada di pantai yang tenang dan sepi, atau ditengah pulau-pulau kecil yang bertebaran di sekitar Pulau Lombok. Kami sempat menginap di tempat-tempat ini, dan memang ketika malam hari, yang bisa kami dengar hanyalah suara jangkrik dan desau angin pantai. Damai sekali.

Dan kami sementara ini hanya sempat mengunjungi Lombok Barat dan Selatan lho!. Belum lagi alam di Lombok Utara (pegunungan Rinjani) atau Lombok Tengah yang kabarnya bertebaran air terjun indah. Atau Lombok Timur yang penduduk mayoritas muslimnya sangat unik, juga kabar bahwa disana banyak sekali dibangun masjid-masjid yang megah, bagus-bagus, bahkan beberapa sangat fantastis!

Itulah kenapa dalam hati, kabar dibangunnya airport dan hotel yang bintang 7 tadi itu, sempat menjadi dilema. Di satu sisi, ini akan sangat bagus karena pasti akan banyak investor menyusul ke Lombok. Bang Imping (the guide) malah mengatakan bahwa memang rencananya, Lombok 5 tahun ke depan akan bisa disejajarkan dengan Bali (dalam hal pariwisata tentunya). Lalu di sisi lain, kami jadi bertanya-tanya, akankah semua tempat akan menjadi seperti Senggigi?? Ah, apapun itu semoga akan masih banyak potensi alam Lombok yang dibiarkan alami. Aku nggak ingin Lombok kehilangan kedamaiannya karena ini yang membuat kami jatuh cinta...

Bersambung...

(Foto-foto dibawah, waktu kami masih ada di Senggigi)

218 comments:


  1. Bayanganku itu lampu kesenggol, aja

    ReplyDelete

  2. Trus mas Iwan makan apa?
    Ikannya juga istrinya yang ngabisin kannnnn

    ReplyDelete
  3. Semoga usaha anda akan sukses.
    Bila sudah, tolong kasi tau.
    Insya Allah kami akan datang!

    ReplyDelete

  4. Hiiiiyyy...sate cumi bisa mbuat mata merah ya

    ReplyDelete
  5. hai Tin, udah balik jakarta ya?? duh si eneng itu dengann rambut baru jadi headshot :-D

    lampu?? hihih iya beberapa kali hampiiirrrrrrrrrrrrr!!!!!! **kamu tau aja, peernah kejadian ama Pak Bas ya?? heuhe**

    ReplyDelete
  6. nggak ngerti wong aku nggak ikut makan hihihi

    **nang jowo wis kebanyakan makan ikan bakar, nang lombok mosok ikan bakar manehhhhh?????**

    ReplyDelete
  7. huahuahuahuhauha aku tau maksudmu!! dudul!

    ya makan ini, ikan bakarnya ini emang pesenan mas Iwan kok **nyebek**

    ReplyDelete
  8. amiinn terimakasih doanya :-)
    loh, nggak usah nunggu Pak Mar! sekarang saja datang ke Lombok
    ajak Ibu dan cucu-cucu, pasti serruuuuu
    bumbu2 masakan orang Sasak mantabbbb semuaaaaaaaa

    **ngomporin** :-D

    ReplyDelete
  9. iya, apalagi kalo tusuknya docolokin ke mata!

    ReplyDelete
  10. aduh mbak wahida, bikin orang ngiler aja nih!!!!

    ReplyDelete
  11. *ikutan menyot mukanya pas liat pic ini*

    ReplyDelete
  12. ya iyalaaaaahhh...
    gak mungkin bekgronnya saljuuu... *ngeloyor*

    ReplyDelete
  13. enak loohhhhhh.... *nyeruput sampe habis*

    ReplyDelete
  14. kaki dibawah meja ikutan saling mengait padahal gak difoto...

    ReplyDelete
  15. ya jangan di upload semua doonnggg....

    pliiss?/ pliissss??
    jangan yaaaaaa....
    jangan sampe saya trauma membuka postingan ini....

    ReplyDelete
  16. ndeso...

    trus kamu makan nasi ama kecap tok?

    ReplyDelete
  17. itu lagi makan apa lagi ambil selilitan (apa nih artinya? Itu lohh, yang nyelip) di gigi??

    ReplyDelete
  18. kok iso yo mbk...iki jenengan sing motret ta???...

    ReplyDelete
  19. wwweeeiiittsss....methingkrang nih yeeee....

    ReplyDelete
  20. keren nih potonya mbak....:-) asik nih berduaan aja atau anak2 ikut juga?

    ReplyDelete
  21. mati lampu ta buk, kok pake lilin...hihihiih malah tadinya tak kiro kui lampu oblek...hahhaha

    ReplyDelete
  22. maoooooooooooooo.......gleg gleg...*nelen ludah*

    ReplyDelete
  23. ojo ngonoooo....gak mesak'e awakku ta....disini gak pernah makan ikan bakar....hiks hiks...

    ReplyDelete
  24. kene nek gak doyan tak pek'e wis.....hahahahhahahahaha

    ReplyDelete
  25. makan ya makan aja buk, gaya bgt pk liat kamera, awas ntr kecucuk irunge....hahahhaha mlayu aaaaahhhhhhhhh

    btw semalam aku mimpi ketemu mbk wahida lho, aku dolan ke Sepanjang...hehehhe mdh2an jd kenyataan ya mbak...wis ndak sabar pgn mulih ngetan...:-)))

    ReplyDelete
  26. ngantuk ya Mbak nunggu makanan? sampe teler gitu ...

    ReplyDelete
  27. tampak tidak berselera tampangnya ... sini aku yang abisin ..

    ReplyDelete
  28. hohoho... baru denger saya kalau yang "dituduh" menebar isu tuh orang bali :))

    ReplyDelete
  29. suit suittttttttttttt.... apik je :D

    ReplyDelete
  30. slurppppp eh salah.... hahaha marakne ngelih ae kie..... jadi pengen beli sate

    ReplyDelete
  31. aku pas kebali juga paling suka sama ini meski selesai maem harus minum obat anti alergi..........

    ReplyDelete
  32. mbaakk ikutan dong ke lombok ;)) aku belum pernah lho.. kayanya indah banget alamnya

    ReplyDelete
  33. mudik kemarin mau kelombok, tapi karena satu dan lain hal ngak jadi..next mudik mau ah mbak..itu makanan banyak bener :p

    ReplyDelete
  34. wow mbak...makanannya bikin ngilerr...

    ReplyDelete
  35. wah kalo liat gini gak ngajak anak2 pasti nyesel.....iyo kan????

    ReplyDelete
  36. sate cumi yang dilayar juga mantabbb..........

    ReplyDelete
  37. kok isa kayak gini yak apa carae...??

    ReplyDelete
  38. kaki'e bok methingkrang po'o....dirubung semut kapok lu.....

    ReplyDelete
  39. lhoo...gaya kayak mas Iwan gini lak manis, seh...??

    ReplyDelete
  40. yo gak nyesel lah Sil..., wong iki dalam rangka gawe anak maneh kok..., yak apa seh lu itu....

    ReplyDelete
  41. wis ayu2 gini bok grobyakan lho yaa....

    ReplyDelete
  42. wong wis dipakani enak ngono, praenmu kok sek susah toh Da...????

    ReplyDelete
  43. lha terus sopo sing mangan Da....???

    ReplyDelete
  44. wiiiii...sate cumi dan kerang ijo....????

    ReplyDelete
  45. huh kerang ijo memang uenaaaakkkkk......

    ReplyDelete
  46. wiis Da, ndang mangan ojok kakean eksyen tok ae.....cumimu selak alot.....:)))

    ReplyDelete
  47. Wahid quote :
    "yang bisa kami dengar hanyalah suara jangkrik dan desau angin pantai...daaann desaaauuu kami berduuaaahh.....aaahhh indahnyaaaa"


    whaaatttt!!! suiiittt....suiiitttt....sensooorrrrr....tutup kordeeennnn.....:)))))p

    ReplyDelete
  48. aduh senenge sudah berhasil bikin mbak Dina ngiler dan ngisi komen heuheuhe

    **malah njarag**

    ReplyDelete
  49. seeeeepppppp **bergaya keren tapi jadinya maksa banget**

    :-D

    ReplyDelete
  50. gedeee dan beraaaaatttt soalnya dari gerabah :-D

    ReplyDelete
  51. memang aslinya nggak mbak?? :-b

    **menghindar timpukan pesawat dari mbak maya**

    ReplyDelete
  52. gariiiiiiinngggggggggg!!!!!!!!!

    **pesawat yang tadi, tak sambit balik ke kamu**

    ReplyDelete
  53. hwuhauhauauhauhu baru sadar, itu kan baju yang sama yang dipake di pameran?? huahahauhhau

    **tasnya masih di laundry, soalnya kelamaan dikempitnya, bau**

    ReplyDelete
  54. lho lho mbak mbak iku dudu punyaku!!
    itu punya bule yang lagi renang itu lhooo
    hayookkkkk.......nesu mboh lho wong e......

    **sambil nyembunyiin jus ku kebawah meja**

    ReplyDelete
  55. imajinasine!!

    jatoh lakan kalo pake kaki dikait2in dibawah meja! dudul =))

    ReplyDelete
  56. **langsung nyiapin foto2 selanjutnya untuk di upload**

    babah, wong selama ini juga ngakune wis trauma mrene, tapi yo buktine mbolak mbalik ae......sampe aku sing trauma lek ono komentar teko dheke **ngedumel**

    ReplyDelete
  57. sambel e mantaaaaaabbbbbbbbbbb mbaaaaaakkkkkk

    **mendesis2 kepedesan sampe bibir jontor**

    ReplyDelete
  58. iya, nikmatilah....karena yang bisa kau lakukan hanya itu....menatap!!

    **pamer bibir njontor kepedesen**

    ReplyDelete
  59. hus selilitan itu nama stasiun di jakarta makne......

    iku aku lagi mau nyopot gigi palsuku, carane diongkek pake tusuk sate

    ReplyDelete
  60. iyo mbak, begitu turun pesawat.....embuh piye kok iso ngono huehuehuehu

    ReplyDelete
  61. kliatan ya kalo methingkrang?? hahaahha **baru sadar**

    hobiku tuh mbak, saiki reply komen yo sambil methingkrang kie hihihi

    ReplyDelete
  62. sak sruput2 ae yo, koyoke kok akeh sing pengen nang kene heheeheh

    ReplyDelete
  63. anak2 gak ikut, kan hari sekolah mbak
    asik mana sama yang surfing berdua kemarin hayooooooo **alok**

    ReplyDelete
  64. iyo iku memang ublik mbak!! tapi ublik gede huehehuhue
    namanya juga seaside dinner, ya gak pake lampu banyak2 mbak....tapi angin e was wes was wes teko laut sebelah :-D

    ReplyDelete
  65. awas kibor jangan ikut ketelen huehuheu

    ReplyDelete
  66. mosok siyy??? kukira selama ini, disitu ada juga ikan bakar, cuman dengan bumbu yang beda dengan di indonesia.......

    yo wis lek ngono, iki buatmu ae mbak :-D

    ReplyDelete
  67. iku pesenane istrinya wooooiiiiiiii!!

    **buru2 sembunyiin piring sate cumi ke belakang punggung**

    ReplyDelete
  68. nggaklah mbak.......
    paling sing kecucuk mripatku **halah**
    heuheueueuh

    aaaahhhhhh dalam mimpimu kita makan ikan bakar bareng kahhh???? semoga itu bener2 jadi kenyataannn **aminn** :-)

    ReplyDelete
  69. suitanmu kayaknya nggobos deh Rim...kurang pas posisi bibirmu...liat aja, bukannya "swiitt" tapi malah "swiiiwww"

    piye tho???

    ReplyDelete
  70. iyo, lama banget padahal wes keluwen......
    lah pikire sing mbakar : aku lama2in ah, mereka berdua biar asyik ngobrool dulu yang mesraa
    adooohhhhhhhhhhh wis menikah 12 taon mana bisa mesra2an kalo laper giniiiiiiii???????????

    ReplyDelete
  71. Rima kalo udah liat makanan, orang afrika kelaparan aja dimatanya pasti nggak berselera!!
    dasar dudul!

    ReplyDelete
  72. nggak kebayang kalo Rima ikut kita malam itu kesitu....

    **kita berdua pasti pulang dengan perut kosong**

    ReplyDelete
  73. iya! aku juga baru denger...
    tau nggak bli, yang bilang gitu nggak cuma satu dua orang Lombok, tapi banyak!
    dan rata2 dengan wajah emosional gitu ngomongnya!
    oalah piye thooo...??

    **berarti sebagai orang Bali, bli Gde ikut tertuduh tuh!! kapookk!! wakakakakak**

    ReplyDelete
  74. pas apik ae...
    sing goyang, gak fokus, lighting dudul atau wajah model penyok ya banyaaaakkkkkkk
    wekekekekk

    ReplyDelete
  75. yahh....bolehlah kalo untuk model iklan minyak tanah buat lampu ublik
    **iklan layanan masyarakat, yang standart modelnya makin udik makin laris ituuuu**

    huehuehhehue

    ReplyDelete
  76. ini ala jimbaran bli.......??
    jadi inget seseorang yang pernah diajak makan disana kan?? ehm ehmm...*uhuk uhuk**

    ReplyDelete
  77. aku liat komenmu, juga jadi pengen beli otak2 :-(

    ReplyDelete
  78. pancen....jian ndeso tenan **menghela napas**

    ReplyDelete
  79. hahaahaha sampe semono lek mbelani tho mbak???
    pabrik obat alergi pasti mau memasok kerang bakar kerumahmu tiap hari...biar obate lariissss **hahaha**

    ReplyDelete
  80. ayookk Melll...kemarin disana aku juga sempat liat seorang bule hamil besar, dan masih snorkling lhooo!! aku sampe melongo-longo liatnya...

    ReplyDelete
  81. iya Na, coba direncanakan kesana, nggak bakalan nyesel deh...
    ajak2 aku yaaaaaaaa?? ntar tak tunjukin tempat2 makan yang enak, aku jadi guidenya pokoke**

    **gayanyaaaaaa........baru aja 2 kali ke Lombok sudah kaya penduduk asli aja gayane huheuheuue**

    ReplyDelete
  82. sedep Mbak Dwi...seafood nya itu lhooo nyam nyam hehehe

    ReplyDelete
  83. dilayar?? maksudnya layar apa? layar tipi? atau misbar??

    ReplyDelete
  84. aku dewe yo gak ngerti Cik!
    jenenge ae kebetulan, ketepakan.... :-D

    ReplyDelete
  85. oalah cik...lek dongakno yo ojok kejem kejem poo... **buru2 turunin kaki**

    ReplyDelete
  86. oooo jadi semut sing ngrubung aku mau iku, bukan karena kakiku yang methingkrang, tapi mau ngrubung mas iwan......

    **buru2 methingkrangno kaki' maneh**

    ReplyDelete
  87. cik cik, nang atom mosok onok jus nanas?? :-b

    ReplyDelete
  88. aku lho gak tau grobakan...kliru sampeyan...

    **lek ayu, pancen iyoooo**

    ReplyDelete
  89. wakakakakak apa boleh buat.......
    praupuan iki ngono gawan bayekkkkkk reeeeeeekkkkkkkkkkkkk

    ReplyDelete
  90. yo mas iwan

    aku pesen sate cumi mbak, trus si kerang dimakan berdua hehehueu **eh bertiga seh sama kucing yang tiba2 lewat**

    ReplyDelete
  91. sate cumi iya......
    kerang ijo?? embuh....yang pasti bukan kolor ijo

    ReplyDelete
  92. ooo namanya kerang ijo??? **melongo baru tau**
    tapi iyooo pancen huenaaaaakkkkkkkkkkkk

    ReplyDelete
  93. sik to mbak poto dhilut aeee

    **saiki eksyen sama ikan bakar**

    ReplyDelete
  94. wakakakak kok ditambah2in?? dudul kie...

    **panik cepet2 tutup korden kalo gitu**

    ReplyDelete
  95. Dalam sejarah fotografi aku belum tau ini tehnik apa kok iso aku nganti melu miring miring gak karuan, nonton foto ini hahahahahaha

    ReplyDelete
  96. KALAU ADA JUS LOMBOK DIJAMIN NENDANG

    ReplyDelete
  97. Rumah Makan Layar Villa Bukit Mas...................mantab juga ..........

    ReplyDelete
  98. tacik e wis datengggggg................!!!!!

    ReplyDelete
  99. *ngintip*........................ealah ....tibak e dolanan kartu....Mit...!!!!.........

    ReplyDelete
  100. keliruuuu....dulinan neker tibak'e.....!!!

    ReplyDelete
  101. haahahahahahahahah asyiikk kapan maneh aku iso nggawe kepala mas wok miring2 hihihi

    **bangga tak keruan punya karya langka**

    ReplyDelete
  102. mesti sing digoleki sing aneh aneh!!

    **mencuring**

    ReplyDelete
  103. ya itulah, anehh.......katanya jus nanas, tapi kok dingin yooo??? :-D

    ReplyDelete
  104. iyo koyo makan nasi bukhari ngono yoo?? heuheuheu

    ReplyDelete
  105. mosokkk?? ahhh kapan2 kesana aaaaahhhhhhh suwun infonya

    ReplyDelete
  106. beberno klosone mbak...... **wong iku ngono tacik gadungan kok, jarno ae diglebahne nang kloso**

    urusan YM-mu mambengi piye? beres??

    ReplyDelete
  107. kartu ATM, soale gak kanggo nang kene terpencil gak ono ATM hahahha

    ReplyDelete
  108. nang pantai mana ada nekerrrrrr??????
    onoke kerang mbak!

    **dudul kabeh**

    ReplyDelete
  109. lhoooo....neker-nya sapa dolooooooo.......

    *joging ke Lombok*

    ReplyDelete
  110. molaaaaaeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

    **nggak terpancing... apalagi setelah melihat ada orang konyol jogging kok dari seattle ke lombok**

    ReplyDelete
  111. apa'o ciiiik kaki'e ada atas....?
    ntik lu di gegeri manager hotel kapok lu...

    ReplyDelete
  112. jus nanas...? bukannya kunir asem?

    ReplyDelete
  113. kalo liat wajahnya sih nunggu diusir deh...

    ReplyDelete
  114. sik..sik..yang dipake bojomu itu gelang apa tattoo?

    ReplyDelete
  115. huhahaaaa...thuuuu kan....bilangi ndak percaya....mba Ag juga fasih bahasa meme2....*wis suwe gak nemu kata digegeri*....:)))

    ReplyDelete
  116. kalau jus lombok? pasti lebih nendang

    ReplyDelete
  117. gua cina Mit... tapi gua ndak punya toko....kayak temene gua sing kwoie-kwoie
    temen gua saiki banyak sing wana....podho ndak punya tokoe....
    sing banyak ya sing wana mentingkrang gini...

    hihihihi.....jadi kangen sama temen2 cinakuuuu....

    ReplyDelete
  118. dirimu sekarang kayak lucky ya...? persis lo... rambutnya, dandanannya....

    ReplyDelete
  119. Kalo lilinnya ditiup......bisa ngilang gak??

    *de ja vu.....itu film apa ya?*

    hihihi

    ReplyDelete
  120. Minta dooong *sambil bawa piring sendiri*

    ReplyDelete
  121. ya ampuuun, itu kaki kemana-mana....!

    *tapi lebih ampun lagi yang ngga' pake baju di belakang sana!*

    ReplyDelete
  122. wakakakkakak iki maneh korban pasar atum!!
    pancen username ku cikicikicik mbak! tapi aku emoh melu2!!!

    **waktu kecil sudah kenyang dikiran nonik2 hiksss**

    ReplyDelete
  123. **ngakak tambah hebat**
    wessss lek wong tuwo sing dingerteni pancen mung jamuuuuuuuuu

    iki painepel jus bunda.....PA...I...NE...PEL... ngono lho lek coro buleeeeeee

    ReplyDelete
  124. goro2 nyenggol lampu ublik nggarai kebakaran???

    ReplyDelete
  125. iyo tak pikir2 Rima iku pengidap anoreksia **iki hari kuwalik thoo???**

    ReplyDelete
  126. jarene matanya sudah plus semua, tapi kok sik isok namatne barang cikil yooo?? orang lain liat makanannya, kok bunda yang dilihat yang itu?? hueuheehu

    itu gelang tasbih, bun......dia selalu pakai kemanapun pergi :-D

    ReplyDelete
  127. **ngujo ambegan**

    kapan iku sampeyan tak rasani mbak (lali aku karo sopo, lek gak mbak shiel yo mbak maya)
    Mbak Mita ki jan wes kesuwen gumbul karo bule, sekalinya ketemu wong sing isok dijak suroboyoan,
    parsis burung yang dibebaskan dari sangkar dalam waktu yang lammaaaaaaaaaaaaaa......

    LIAAAAAAARRRRRRRR!!!!!!!!! huwhauhwuhauhauhwuuahw

    ReplyDelete
  128. adooh mas wok...dari tadi tendang2an terus heuheuheu

    ReplyDelete
  129. hoalah rekkk reekk....wong loro iki....

    ayookkkk gek tak ajak nang pasar atuuuum maneeeehhhhh???? ben tersalurkan bakat kalian ini!! hahaahh

    ReplyDelete
  130. wakakakakak **mbak sisil mesti wis ngomong 'moto tuwek'**

    ReplyDelete
  131. kaya dunia miring di Ancol ya mbak??? hihihi

    ReplyDelete
  132. nggak banyak sih mbak......

    tapi SEMUA!!
    aku thok sing nggak pake hwuhauhauhauhau

    ReplyDelete
  133. film apa ya?? **bingung juga**

    sik2, aktor e sopo?? rhoma irama?? satria bergitar mungkin...??

    ReplyDelete
  134. **kaget liat piringnya mbak Irma**

    itu sih namanya gentong mbak....duhhh minta kok nggak kira-kira **ngedumel sambil masuk2in pasri pantai ke baskom yang dibawa Mbak irma**

    ReplyDelete
  135. kalo dilihat memang enak..
    kalo dimakan.......hueeennnnaaaaaaaaakkkkkkkkkk :-D

    **sekali lagi, padahal aku nggak makan ini hihihi**

    ReplyDelete
  136. huahuahauuahhauha

    padahal waktu ngomentarin kakiku, matamu sudah mengarah ke sana kann??? dasarrr!!! :-b

    ReplyDelete
  137. seger banget Rik....apalagi pas udara panas gini....

    **tadi siang di supermarket, jadi beli lagi deh jus nanas, padahal nggak biasa2nya beli itu hihihi**

    ReplyDelete
  138. ho'oh suwe banget mbakare seafood...... :-D

    ReplyDelete
  139. nggak juga kok, kalo porsi kecil itu lho kita bisa jadi ganas **karena kekurangan makan**

    hihihii

    ReplyDelete
  140. **ngasih lap tisu ke Arik**

    sudah ya, kedudukan kita sekarang seri (ingat postinganmu gulai ikan dulu itu)

    ReplyDelete
  141. mleyot sih.. tapi kalau ketemu kamu aja..
    stress soale ngadepin kamu....

    ReplyDelete
  142. Tak pikir keteknya yang di laundry...
    Langsung di sumber baunyaa!!

    ReplyDelete
  143. sengaja, biar kenalan...



    HI, DO I KNOW YOU??

    *blink*

    ReplyDelete
  144. Ternyata kita saling trauma yaa...

    *pake kacamata item, skip postingan ini, lanjut ke halaman berikut*

    ReplyDelete
  145. weleh.. mas iwan ketok ngganteng yooo hueuheuhhuehueuhuhe

    ReplyDelete
  146. wis.. sungguh romantis mbak dan mas yg satu ini uheuhuheee.... pasangan yg serasi...
    semoga romantis selamanya.... amiennnn....

    ReplyDelete
  147. wah postingan foto mbak wahidah sangat menggugah selara makan hehuehehuue tooobbbbbzzzz

    ReplyDelete
  148. hwahahahahahhahaha.......hadooohh......ngakak sampek kepuyuh temenan moco sing iki !!!
    podo ce, aku dulu ya kwoie kok, polehe koncoku sma ngomong gini kabeh, jadine aku ya kayak gini ini, tapi nek pas gumbul ambek wana....ya sing onok cekikikan ae nek denger ada sing ngomong kaya gini....kekekekekk......

    ReplyDelete
  149. bok kakean ngomongi orang lho ya, ndak baek, ntik isak kobong lambe'e....

    ReplyDelete
  150. buat aku tasbih juga etnik banget. aku sukaaaa....aku juga punya, tapi cuma berani aku pake kalo ngaji aja

    mataku jadi normal kalo liat barang bagus(menurutku) dan fulus....

    ReplyDelete
  151. dudu nyempluke... tapi gragase....

    ReplyDelete
  152. *terima tissu, langsup ngelap iler*

    kalo di bagian makanannya, ada sajian burung puyuh saos, kerang rebus saos pedas, tomyam seafood, sop ekor, durian, dan sate Padang.
    silakan mampir ke sana ya (you know the link, right?) :)

    ReplyDelete
  153. Maaauuuuuu... *sluuruupp* waduuh, puasaan ntar jangan sampe aq liat ni foto, gawat mba..bikin nepsong.. hehee..

    ReplyDelete
  154. Yang saya ingat di Lombok: ayam taliwang+kangkung wow, rumah makannya hampir semuanya masang kaligrafi (kalo dulu), trus kota kecil itu tempat belanjanya banyak. Habis maghrib jalan2..banyak anak2 muda ke mall pake kopiah... Kalo sekarang gak tau lagi

    ReplyDelete
  155. yah sekali-kali stress kan baik untuk hidup kita **lhoo?? wakakakakak**

    ReplyDelete
  156. hwuhawuhauhwuahuwhuhauw

    **mbayangin kaya gimana ya bentuknya laundry ketek??? ada sign-nya "awas, hanya ketek anda saja yang boleh masuk mesin ini, yang lain mohon jangan" hihihih**

    ReplyDelete